RSS

Kiluan Part I!: Kegalauan Menuju Kiluan

03 Jun

Setelah hampir setahun puasa mantai setelah ‘ibadah’ terakhir di Karimunjawa (dan banyaaaaak rencana mantai yang gagal 😀 *memandang galau ke Ujung Kulon, Gunung Kidul, dan Ranca Buaya) akhirnya ditetapkan ‘buka puasa’ akan dilaksanakan di Teluk Kiluan – Lampung pada hari yang amat sangat baik yaitu loooong weekend 17 – 20  Mei 2012.

Kenapa Kiluan? penasaran mau liat lumba-lumba menari di laut lepas dan karena belum banyak orang yang tahu tempat itu ada :D. Ibu saya sempat beberapa tahun tinggal di Lampung tapi belum pernah dengar ada tempat yang namanya Kiluan, begitu juga dengan suami dari sepupu yang asli orang Lampung *sigh*. Saya pencinta pantai tapi gak suka pantai yang sudah banyak dikelilingi resort dan ramai, karena buat saya yang bikin selalu pengen ‘pulang’ ke pantai adalah suasana yang sepi, pasir putih yang halus dan nyaman buat tidur2an sambil dengerin orkestra alam yang disajikan oleh ombak, atau menikmati pameran lukisan Tuhan pas sunrise dan sunset 🙂 *tsaaaaah*. Lagipula ada rasa kepuasan tersendiri gitu kalau ada orang yang nanya “mau jalan ke mana lo mbar?” dan gw menjawab dengan “pantai A!” dan dengan tampang yang bingung si penanya akan membalas dengan “hah?! dimana tuh?! hihihihihi *evil laugh* yes when talking about beach I’m antisocial and antimainstream that way!!

Jadi sebenarnya dimana sih Kiluan itu?? Teluk Kiluan ada di ujung selatan Pulau Sumatera, tepatnya di Kabupaten Tanggamus, sekitar 3 jam dari Bandar Lampung. Dari Jakarta, rute yang umumnya ditempuh adalah Pelabuhan Merak – Bakauheni – Bandar Lampung – Teluk Kiluan, dengan total waktu tempuh kurang lebih 12 jam (Jakarta start dari Gambir).  Objek wisata yang tersohor disana adalah aksi dancing dolphin di laut lepas. Iya, di Indonesia saya pernah baca ada beberapa tempat yang juga menawarkan aksi lumba-lumba, seperti misalnya di Lovina – Bali (waktu kesana sih saya ga ketemu lumba lumba tuh :(), Karimunjawa (sempat liat 1-2 melintas tapi gak loncat waktu lagi hopping island), Pulau Weh-Sabang (ha! next! on plan already!), Bunaken (setelah kelar explore Indonesia Barat lah), Pulau Morotai – Halmahera (glek. *ngitung celengan*), Teluk Cendrawasih – Papua (siapa yang mau ngepet? gw jaga lilin, keuntungan bagi 2!), dan lain-lain, tapi konon kawanan lumba-lumba di Teluk Kiluan itu yang terbesar di Asia dan bahkan di dunia!

Kiluan di mata mbah Google Map

Singkat cerita, disusun lah rencana, dimulai dengan menghubungi travelmates yang tahun lalu berbagi suka dan duka 6 jam di dek mobil KM. Muria, tapi ternyata Wisnu sudah punya rencana lain yaitu mudik sekalian mengejar matahari di pantai Klayar – Pacitan, sementara Dayu… dia sudah memiliki travelmate baru dan meninggalkan saya yang jauh lebih asyik 😦 *disini drama dimulai*  memilih ngadem ke Bromo :(. Tersisalah Melvi seorang *hiks*, dan disini lah masalah pertama dimulai… 😀

Karena sepertinya jalan2 di Kiluan agak2 ribet kalau dijalani secara swakelola, alias tanpa bantuan dari tour/travel maka tahap perencanaan dimulai dari berkonsultasi dengan mbah Google tentang tour ke Kiluan yang oke. Dapat beberapa, tapi kebanyakan mensyaratkan kuota minimal 5 orang demi efisiensi. Dimulailah gerilya pemenuhan kuota dengan strategi menghasut teman2 (gagal dengan berbagai alasan), mencari rombongan yang mau ke Kiluan pada tanggal yang sama (nihil loooh, serius!), sampai pasang iklan mencari teman jalan di Kaskus 😀

WANTED!!!

Setelah selama ini cuma jadi silent reader, akhirnya nyemplung beneran dalam dunia per-agan-an ini, dan ternyata ga sia-sia! Ada 7 orang yang menghubungi saya, tapi akhirnya semuanya pun gagal! Ada yang mundur setelah saya terangkan kondisi Kiluan yang masih minim fasilitas, tapi kebanyakan mundur karena jadwalnya yang agak abnormal XD. Idealnya liburan ke Kiluan pada long weekend kemarin start dari tanggal 16 malam jadi hari minggu tanggal 20 sudah sampai lagi di Jakarta. Nah, saya teh keukeh berangkat tanggal 17 malam karena Melvi harus gereja dulu paginya tapi tetap mau menikmati Kiluan semaksimal mungkin jadi tanggal 20 malam baru bertolak dari Bandar Lampung. Lagi-lagi belum bisa cuti, jadi iya dooonk Senin pagi a.k.a tanggal 21nya langsung ngantor setelah setengah hari di jalan *pengsan*. Iya sih bisa naik pesawat yang baru aja nempelin pantat udah sampai di Jakarta, tapi berhubung kami backpacker kelas kerehore musim liburan, tiket pesawat naik hingga 2 kali lipat! yang sebenarnya sih bisa aja dapat harga normal kalau kami ga kebanyakan galau mutusin mau pulang naik apa. Di tengah kegalauan terancam gagal ke Kiluan, bertemulah saya dengan akun @KiluanDolphin yang menawarkan berbagai paket wisata di Kiluan dan yang penting TANPA KUOTA!!! *sembah twitter* *menari hula-hula*, cukup dengan beberapa DM akhirnya deal!

Dan inilah itinerary singkat kami:

17 – 18 Mei 2012

20.00 : Ketemu di Stasiun Gambir.

21.00 – 05.00 : Perjalanan Gambir – Merak – Bakauheni – Bandar Lampung

06.00 : Dijemput tur di Stasiun Tanjung Karang Bandar Lampung

06.00 – 09.00 : Perjalanan ke Kiluan.

=====Lalu menghilang dari dunia (baca: jangkauan sinyal HP) selama 2 hari====

20 – 21 Mei 2012

12.00: Hei, apa kabar? kangen dengan kami? (Baca: Keluar dari Kiluan, kembali dapat sinyal)

15.00 – bosen 21.00 : Jalan2 sekitar Bandar Lampung sambil nunggu Damri berangkat

22.00 – 06.00 : Perjalanan kembali ke Jakarta

06.00 : Kembalikan saya ke pantai Tuhaaaaaaaannnnn (Baca : sampai di Jakarta)

08.00 : Wonderwoman (iya saya) sudah duduk manis di kantor. Mandi dimana? ah kumaha ntar!

Cakep kan? oh ya pastinya!!!….kalau berjalan dengan baik dan benar sesuai rencana 😀 tapi juga bukan liburan namanya kalau berlangsung tanpa kejutan 😀

….to be continued….

Kiluan Part II!: Tanjakan, Turunan, Kelokan menuju Kiluan

Intermezzo: monggo dinikmati ‘oleh-oleh’ Wisnu dari long weekend-annya kemarin di Pacitan : Nhoe SlidecographyAnother dangerously beautiful corner of Indonesia! ❤

“Perlu seumur hidup untuk menjelajahi Indonesia, mungkin dua kali umur hidup” — pernah baca entah dimana, lupa.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: