RSS

Part 3 Karimunjawa: I Know Beyond The Doubt My Heart Will Lead Me There (Again) Soon

14 Jul

25 Juni 2011

Pukul 5.00.. Nawaitu mengejar sunrise, apa daya badan capeknya masih keterlaluan.. Akhirnya bermalas-malasan sampai sekitar pukul 8.00 saat mobil pick up Mas Alex menjemput kami untuk dibawa ke pelabuhan.. Yeay! The holiday officially begin.. snorkeling time!!

Start dari Pelabuhan Karimunjawa, rute snorkeling dan hopping island hari ini adalah ke arah barat, di sekeliling ada 2-3 kapal lain dengan tujuan yang sama.

..and watches the ships that go saaaaaiiiiiling...

Snorkeling spot pertama adalah di sekitar Pulau Menjangan Kecil, salah satu pulau yang sudah dikelola swasta untuk penginapan. Ombak disekitarnya cukup tenang.. airnya biru jernih sampai-sampai dari atas kapal saja bisa terlihat jelas terumbu karang dan ikan-ikan loreng hitam putih berseliweran dengan lincahnya.

Lihaaaat.. Ikan dan Terumbu karaaaang

Satu hal yang wajib dicoba saat snorkeling disini adalah feeding fish!! Jadi, sambil melihat keindahan dasar laut, coba deh pegang sepotong roti, dan mendadak… hua,, ikan-ikan kecil rebutan roti dengan brutalnya.. it’s the real Feeding Frenzy baby!! Hihi nikmati sensasi jari geli-geli gimanaaa gitu digigitin ikan2 kecil ini. Berkat kekuatan bulan kamera underwater milik mas Alex didapat lah foto keren kayak gini deh..

It's the real Feeding Frenzy beybiiiiihhh!!!!'

Terumbu karang disini masih terlihat bagus, dan peraturan pertama saat “berhadapan” dengan terumbu karang adalah jangan menyentuhnya! Pertama karena dikhawatirkan berbahaya, karang api misalnya kalau tersentuh kulit akan terasa terbakar. Kedua terumbu karang rentan rusak karena ulah manusia, sementara untuk regenerasinya butuh waktu yang lama.

Ikan-ikan sudah kenyang, yang memberi makan mulai kelaparan. Kapal diarahkan ke arah pulau yang cantik dibawah ini, Pulau Galeang, kami akan barbeque ikan di sana untuk makan siang.

Pulau Galeang dari kejauhan

Kapal merapat, dan WOW!! yang terhampar di depan kami membayar semua 20 jam lelah dan mati gaya di perjalanan…LUNAS bahkan pake bunga!!

beningnyaaaa...

Lupa diri lihat pantai.. =P

Pasir putih dari ujung ke ujung, langit biru bersih, air gradasi hijau-biru, cuaca yang sangat mendukung, tidak terlalu panas tidak pula mendung, banyak pula pepohonan rindang, jadi suasananya syahdu2 gimanaa gitu, damai sekali..

Pulau ini sepi, sama sekali tidak ada penjual makanan, fasilitas seperti WC umum pun sepenglihatan saya tidak ada, rumah penduduk pun hanya ada satu, ya cuma satu!

Pak Mudi

Bapak berbaju biru-kuning ini bernama Pak Mudi, dia dan keluarganya lah penghuni satu-satunya rumah di Pulau Galeang, jadi semacam penjaga pulau. Konon pikiran si bapak agak terganggu, tapi dia ramah dan kalau mendengar musik dangdut, langsung joget! Karena kami tidak ada yang punya koleksi lagu dangdut, pakai lagu cedangcibuk yah pak.. Insomnia by Craig David!! 😀 Eh tapi tiba2 dari kapal sebelah kami terdengar celetukan dengan logat Jawa yang medok “Aku ada lagu dangdut!!”. Ternyata si pria berwajah oriental berambut jagung yang tadinya kami kira turis dari Korea atau Hongkong (soalnya di kapal dia isinya banyak turis asing), ealaaah bule Malang tho ternyata mas… ;)). Mengalunlah ‘Keong Racun’ dari HP mas ‘bule’, dan Pak Mudi joget lebih heboh! 🙂

Tuhan memang mencintai setiap makhluk-Nya dengan cara-Nya sendiri, Pak Mudi memiliki keterbatasan tapi dia satu dari sangat sedikit orang yang tinggal di tempat sedamai Pulau Galeang. Mungkin justru dengan keterbatasannya dia bisa dengan sederhana menikmati ciptaan-Nya ga mikir hal-hal ribet. Sepanjang hari menikmati pantai dan wajah2 bahagia para pengunjung yang terpesona dengan keindahan surga pribadinya.. Wow.. It would be so nice grow old like that.. 🙂 *hening*…. Eh kok malah jadi agak iri ama Pak Mudi yah??!! Haha rumput tetangga eh air laut di Karimunjawa memang lebih hijau daripada air di…err.. kamar mandi sendiri?? *halah*

Eh sungguh loh ingin rasanya berendam di pulau itu seharian, tapi harus lanjut lagi ke snorkeling spot kedua, di sekitar Pulau Gosong Cemara! Sampai jumpa Pak Mudi… Boleh yah nanti suatu saat saya kembali ke surga pribadi bapak ini.. Janji, nanti saya akan simpankan lagu dangdut terbaru spesial untuk bapak!! Yah, kedamaian Pulau Galeang seketika membuat saya memutuskan ‘baiklah.. saya rela menempuh lagi perjalanan 20 jam untuk sampai kesini…soon!!’

Saat menuju ke spot snorkeling kedua, di tengah2 laut yang biru itu kami melihat sepetak area yang berwarna hijau. Nah sudah sampai kita, sepetak area hijau itu lah Pulau Gosong Cemara. Loh mana pulaunya??? Yang dimaksud dengan pulau disana memang hanya sepetak daratan pasir putih, dan ‘penampakan’nya tergantung pasang-surut air laut, untuk mengukur luasnya pun susah.  Saat kami kesana air sedang pasang jadi Pulau itu sepenuhnya terendam.. Tapi pemandangan ‘sepotong zamrud diantara hamparan sapphire’ itu… Awesomazing!!

Ombak di snorkeling spot kedua ini lumayan besar, jadi perlu sedikit perjuangan apalagi buat saya yang tidak bisa berenang dan sering panik sendiri kalau terbawa ombak.. 😀 tap mas guide saya baik hati, dia membantu saya berenang dan menikmati keindahan terumbu karang di perairan itu, hihi makasih mas.. iya nih tampaknya sudah waktunya belajar diving..eh swimming dulu. Terumbu karang di sini lebih bagus dan berwarna-warni daripada di spot pertama, namun ikan2nya lebih choosy, tidak mau datang kalau cuma dipancing dengan roti tawar.. 😦 *halo.. 14022, order ke tengah laut di Karimun Jawa bisa??*

Tidak terlalu lama snorkeling disini, kita merapat kembali ke pantai! Menuju Pantai Tanjung Gelam, kira-kira setengah jam perjalanan dari Gosong Cemara. Tanjung Gelam adalah pantai yang masih berada di pulau utama Karimun, karena letaknya yang menghadap timur tempat ini cocok sekali untuk mengakhiri petualangan seharian dengan melihat sunset.

Ini lah Tanjung Gelam dari kejauhan… mendadak teringat lagu Rayuan Pulau Kelapa ga sih??… melambai-lambai nyiur di pantaaaaaaiii…

Terayu Pulau Kelapa nan indah permai.. =D

Berbeda dengan pantai Pulau Galeang yang sepanjang sejauh saya telusuri hanyalah hamparan pasir putih, Tanjung Gelam dihiasi dengan karang-karang berukuran besar.

cheeeeessseeeeee

Karang Tanjung Gelam

Di sepanjang pantai berjajar penjual kelapa, mi instan, gorengan dan makanan kecil lainnya. Entah karena memang kelaparan atau efek dari keindahan pantai, pisang goreng dan bakwan di sana enak sekali!!

Menunggu sunset tak kunjung datang, ombak cukup besar, dan dikhawatirkan semakin malam semakin besar maka kami harus meninggalkan Tanjung Gelam sebelum sunset.. =(

Dan akhirnya lihat sun(menjelang)set dari atas kapal

See you tomorrow Mr.Sun

Kapal merapat di dermaga, mas Alex sudah menunggu dengan pick-upnya..

Depan paling kiri itu loh Mas Alex

Pulang ke penginapan, sudah selesaikan suguhan pertunjukan keindahan alam yang saya dapat hari itu?? Oooh.. beluuum… Malam menjelang, langit dihiasi ribuan bintang.. huhu.. Subhanallah..

Ingin rasanya menggelar kasur di halaman dan tidur beratapkan bintang saja malam itu..

Eh tapi nanti masuk angin sementara baru setengah petualangan ini, masih banyak keriaan yang menanti…besok!!

Ambareeta

…to be continued…

Part 4 Karimunjawa: We’ll Meet I Know We’ll Meet Beyond The Shore

FYI:

Bawalah flashdisk atau media penyimpanan lainnya untuk menyimpan foto-foto underwater. Daripada menunggu foto itu dikirimkan beberapa hari sesudahnya, lebih baik disimpan langsung bukan?!

Sunblock is indeed important!! Snorkeling lebih membuat kulit terbakar daripada cuma sekedar berjemur di pantai

Supaya semakin lengkap, ayo lihat foto-foto menggoda iman (untuk tidak jalan-jalan) di blog milik Wisnu, Pulau Galeang yang damai dan Tanjung Gelam si perayu

Pengeluaran Hari 3:

Degan + gorengan di Tanjung Gelam       = Rp. 10.000

..sudah itu saja.. 😀

 

One response to “Part 3 Karimunjawa: I Know Beyond The Doubt My Heart Will Lead Me There (Again) Soon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: