RSS

No Complaint Week

13 Feb

Apaan tuh ‘No Complaint Week??’

 
Jelaslah dari judulnya, MINGGU TANPA KOMPLAIN.. =D *tidak menjelaskan itu dul!* Hehe, sebenarnya ini adalah proyek pribadi dari orang yang saya follow di twitter, @newsplatter, yang berkembang karena ternyata banyak followernya yg mau ikutan. And who’s @newsplatter? Beliau si Om Piring duta pisang pemuja Chuck Norris yang kadang nyambi jadi peramal dengan nama beken suhu Pi Ling, dan belum lama ini mendirikan (dan mengangkat dirinya sendiri menjadi ketua) Partai Keadilan Untuk Kesejahteraan (PELUK) =)) *kalo tidak tau, positif kalian bermain di wilayah twitterland yang salah.. =P go follow him! No regret! His tweets are full-packaged and no hatred*.

Jadi, si Om *yang paling sebel dipanggil om itu* mendeskripsikan proyek pribadinya itu dengan “Selama seminggu, saya akan komitmen untuk TIDAK MENGELUH tentang apapun”. Lebih lengkapnya bisa dibaca disini http://wp.me/p1m1l2-b
Simple? Idenya iya, pelaksanaannya tidak!! =D

Sebenarnya, sebelum ini saya juga sudah berkomitmen untuk tidak (banyak) mengeluh, seingat saya mulai sekitar Agustus tahun lalu dan masih sampai sekarang. Tagline dari komitmen saya itu
Why Whine When You Could Shine??!! =)
Oya, deskripsi ‘Whining’ disitu cuma mencakup ngeluh dan ngomel2.. sedangkan deskripsi ‘complaint’ dari Om Piring itu termasuk juga ‘nyinyir’.. uuuuh.. that last part kinda hard..

Mulai dari yang gampang, tidak mengeluh di twitter/fb/status apapun.. Pada dasarnya sadar atau tidak, manusia itu ingin diperhatikan bukan? Dan status keluhan itu salah satu cara untuk menarik perhatian.. *walau kadang (atau sebenarnya yah) ga ada juga yg peduli.. =P #cedih #cedihcekali* Tapi untuk ‘level’ socmed gampang diakalin.. Ya itu, I always keep in mind ‘who’s gonna cares anyway?!’ *ya saya jahat ama diri sendiri* saya benci membaca keluhan dan makian di timeline saya, dan saya berasumsi orang lain juga begitu.. ‘New tweet/status’ just for whining?! Not a way! Jadi  kalo timeline saya terlihat sepi, itu kemungkinannya cuma sedang sibuk *jarang* atau sedang berada dalam aura negatif tapi berusaha tidak keliatan aja.. *HIDUP PENCITRAAN!!* Sepertinya saya cukup berhasil,, paling tinggal ada nyinyir2 dikit boleh laaah.. =P

Nah, yang lebih susah adalah untuk tidak mengeluh dalam kehidupan sehari2, atau lebih luasnya, untuk tidak merespon negatif gangguan yang datang. Dengan kemacetan, kerjaan dan banyak hal tak terduga lainnya, buanyak lah itu kasus2 kebobolan =D
Namun level paling tinggi adalah untuk tidak mengeluh dalam hati, pada diri sendiri =). Ya, berusaha ngibulin perasaan untuk ga kesel itu merah eh susah Jenderal!! Padahal dari sini sumbernya, kalo sudah bisa mengalahkan perasaan otomatis keluhan tidak akan muncul dalam tindakan atau updatean socmed.

Tapi ya biarpun susah, nyatanya saya BISA walau masih banyak kekurangan, dan nyatanya lagi mengeluh tidak menyelesaikan masalah apapun, malah cenderung memperburuk, dan menularkan aura negatif ke orang lain. Yes! I’m a true believer of ‘Law of Attraction’. Daripada mengeluh dan marah2, lebih baik mencari sisi positif atau lucunya, pasti ada! Otak juga dilatih untuk jadi positif kreatif kan.. =). Saya selalu berusaha mengingat, orang lain juga punya masalah yang bahkan mungkin lebih berat, jadi mengeluh untuk apa?? Setelah beberapa bulan berjalan, mulai terasa manfaat detoks-batinnya, sekarang jauh lebih santai dan tenang menghadapi masalah, lebih gampang untung setting pikiran in ‘happy mode’. Happiness, sadness they all only a state of mind! B-)

Nah, so here I am, memproklamirkan diri ikut dalam #NoComplaintWeek, bukan cuma karena saya sudah merasakan sendiri manfaatnya, tapi juga karena saya senang menantang diri saya sendiri, oke sekarang include no nyinyir! Sekarang juga pasti lebih seru karena banyak temennya, ‘awareness’nya pasti meningkat, dan ada updateannya di blog Om Piring. Aaah.. jurnal harian di blog tentang #NoComplaintWeek, itu juga tantangan tersendiri.. =)

Alasan lainnya, saya true believer of ‘Everything Happens for A Reason’, pasti bukan kebetulan #NoComplaintWeek ini muncul pada 13 Februari 2011, hari yang sama dimana untuk pertama kalinya dengan melihat sendiri saya sadar selama ini kurang bersyukur atas nikmat yang paling dasar, kesehatan. Saya menganggap lumrah saja 25 tahun saya sehat, tidak pernah menginap di RS lebih lama dari 1 malam, padahal.. banyak yang kurang beruntung, mungkin sudah dari baru lahir mereka harus berada di RS menjalani pengobatan yang…menakutkan (sungguh ga ada kata lain yang lebih tepat) tapi tetap semangat. Mereka dengan usia yang pantas menjadi anak saya,dan seharusnya saya datang untuk menghibur tapi justru mereka yang menularkan semangat hidupnya ke saya, membuat saya malu untuk mengeluh, merasa ga pantas untuk malas.. =) aaah.. saya sudah rindu kalian..

 
So, goodluck for me!!

 

Ambareeta

Posted with WordPress for BlackBerry.

 
Leave a comment

Posted by on February 13, 2011 in Daily A to Z, No Complaint Week

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: